Tugas Essay BTIK

 

Nama:                Ivan Ahmadi Hadiputro

Kelas:                8E

No. Absen:        18


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1. Algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer, Perancangan algoritma adalah metode khusus untuk menciptakan proses matematis dalam proses pemecahan masalah.


2. 

    a. Bagan alir atau flowchart: Penulisan algoritma berdasarkan notasi grafis dalam bentuk bagian urutan.

    b. Pseudocode: Metode penulisan algoritma yang penampilannya menyerupai bahasa pemrograman yang digunakan pada tingkat lanjut, namun masih dapat dipahami.


3. Cara memprogram  robot adalah dengan menggunakan program RoboMind. Algoritma nya adalah:

START

Move ‘Posisi Awal’

WRITE ‘I’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘M’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘P’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘R’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘O’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘G’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘R’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘M’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘M’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘E’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘R’


4. 

a. Variabel adalah pengganti yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan besar nilai tersebut dapat berubah-ubah.
b. Sedangkan tipe data adalah jenis/tipe yang digantikan oleh variabel- variabel seperti tipe data boolean, numerik, dan teks atau string

5. 

1)     Jalankan scratch dan buatlah proyek baru

2)     Tambahkan variabel-variabel berikut di blok Variables: X1, Y1, X2, Y2, Jarak X, Jarak Y, dan Jarak. Variabel yang ditambahkan akan ditampilkan di stage.

3)     Susun letak variabel-variabel tersebut sehingga tampilan stage akan tampak seperti Gambar 2.8.

4)     Pada blok Events, tambahkan blok perintah 'When Click' ke blok code untuk mengatur cara menjalankan program

5)     Agar variabel JarakX dan JarakY tidak ditampilkan di stage, tambahkan dua perintah hide variable pada blok Variables untuk menyembunyikan variabel JarakX dan JarakY. Blok perintah akan tampak seperti Gambar 2.9. Variabel juga dapat disembunyikan dengan cara menghilangkan tanda cek pada kotak cek yang ada di variabel yang bersangkutan.

6)     Untuk meminta input dari pengguna, tambahkan perintah 'ask - and wait' pada blok Sensing.

7)     Untuk menyimpan input dari pengguna ke variabel X1 yang disediakan, tambahkan blok perintah set -1 to dan tambahkan blok perintah 'answer' ke blok perintah tersebut

8)     Dengan cara yang sama, gunakan blok perintah yang sama untuk meminta dan menangkap nilai input untuk variabel Y1, X2, dan Y2. Susunan perintah di code area akan tampak seperti Gambar 2.10.

9)     Pada blok Variables dan Operator, tambahkan blok perintah untuk menghitung nilai dari variabel JarakX, JarakY, dan Jarak. Untuk menghitung akar, gunakan blok perintah fungsi 'sqrt' yang terdapat di blok Operator. Blok perintah yang digunakan untuk melakukan perhitungan tersebut akan tampak seperti Gambar 2.11.

10)     Untuk menampilkan hasil penghitungan kepada pengguna, tambahkan perintah 'say - for - second' dan perintah 'say' dari blok Looks. Perintah lengkap akan tampak seperti pada Gambar 2.12 berikut.

11)     Jalankan program dan berikan input. Periksa apakah program bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Tampilan program akan tampak seperti Gambar 2.13.

12)     Simpan program yang sudah dibuat.


6. 

a. Boolean:     Tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai true/false
b. Numerik:    Tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai bilangan atau angka
c. String:         Tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai teks

7.

Tipe data numerik menyimpan nilai berupa angka atau bilangan

Tipe data teks menyimpan nilai berupa tulisan atau teks


8.


Nama:

START

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘I’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘V’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘N’


9. 

Tipe data boolean banyak digunakan untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi.

10.

Inisial:


START

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘I’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘H’


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Latihan Akhir Bab 1 BTIK

Ceramah Umum dan digital labs