Ceramah Umum dan digital labs


Assalamu'alaikum wr. wb


        Sekarang, saya ingin bercerita tentang pengalaman saya dengan ceramah umum dan digital labs. Pada hari Selasa tanggal 29 September 2020, diadakan acara dialog interaktif, acara digilabs atau digital labs, dan ceramah umum di SMP Labschool Jakarta. Ceramah umum adalah kegiatan ceramah yang diadakan POMG SMP Labschool Jakarta. Digital labs adalah acara yang membahas hal hal yang berkaitan dengan teknologi. Digital labs dibagi tiap angkatannya. Untuk kelas 8, membahas tentang kreativitas digital. Ceramah umum dan digital labs diadakan setiap tahunnya di SMP Labshcool Jakarta. Pemberi materi paa tahun ini adalah kakak Firman Ramdhani yang memberi materi tentang sosial media, dan beliau Deswara "Adez" Aulia yang memberi materi tentang seni berserta sosial media dan Ninin Musa yang memberi materi tentang dunia perfilman terutama tentang animasi. 

        
        Berikut adalah poster pemberitahuan untuk acara digilabs ini, yang sekaligus dibuat menjadi salah satu virtual background untuk meeting zoom.

        Acara ceramah umum dan digital labs diadakan di platform zoom. Zoom adalah aplikasi utama yang digunakan untuk sekolah dan sangat bermanfaat bagi pelajar di masa pandemi ini. Pembicara-pembicara memberi materi di zoom dan saya berserta teman teman saya menyimak dengan tekun. Ketika pembicara sudah selesai memberikan materi dibukalah sesi tanya jawab.

        Acara diawali dengan kegiatan ceramah umum yang pemberi materinya Kak Firman Ramdhani yang membicarai tentang sosial media dan berbicara tentang hidup sebelum adanya sosial media dan bahkan memberi pertanyaan yang menarik seperti "Kalau kamu seminggu saja tidak mengakses teknologi dan sosial media, apa perasaan mu?" dan bagi saya acara itu lumayan menarik, lalu dilanjut dengan kegiatan digital labs yang pemberi materinya Bapak Deswara Aulia dan Ibu Ninin Musa. Materi yang diberikan mereka sangat bermanfaat dan berguna untuk kehidupan sehari hari karena membantu kita menggunakan teknologi.

        Acara Ceramah umum dan digilabs diadakan pada hari Selasa, tanggal 29 Oktober 2020. Acara dimulai dipagi hari tepatnya pukul 07:00 WIB dan diakhiri saat waktu sholat Dzuhur tetaptnya pukul 12:00 WIB. Yang berpatisipasi adalah siswa dan siswi SMP Labschool Jakarta. Mulai dari kelas 7, kelas 8 dan kelas 9. Acara ceramah umum dan digital labs diadakan oleh POMG SMP Labschool Jakarta. Acara mulai pukul 7 pagi dan berakhir pukul 12 siang. 

        Keseluruhan pembicara materi digital labs adalah Clevio untuk kelas 7 yang membahas tentang bagaimana cara koding, Ibu Ninin Musa dengan bapak Deswara Aulia untuk kelas 8 yang membahas tentang dunia perfilman dan animasi, kak Riomanadona bagi kelas 9 tentang bersosial media, dan kak Farid Mufid bagi kelas 9 juga tentang sosial media. Keseluruhan pembicara materi ceramah umum adalah Kak Zahrina Amelia untuk kelas 7, Kak Firman Ramdhani untuk kelas 8 dan Kak Farraas Afiefah untuk kelas 9. 


        Menurut saya acara digilabs tahun ini sangatlah tidak menarik karena pembicara tidak ada usaha untuk menarik perhatian penonton dan hanya berbicara saja yang akan gampang membosankan setelah 20 menit pertama dan karena hanya bebicara saja saya tidak terlalu menangkap ilmunya. Tidak membantu juga karena hari selasa terdapat pelajaran kesukaan saya yaitu Matematika dan Bahasa Indonesia. maaf jika opini saya tegolong kasar tetapi paragraf ini termasuk opini saya yang bersifat subjektif. tetapi sisi positifnya adalah dari sedikit ilmu yang didapat, ilmu tersebut merupakan ilmu yang bermanfaat.

ini merupakan video digilabsnya 









Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Latihan Akhir Bab 1 BTIK