Pengalaman Hari Pertama Belajar PJJ

 

                    HARI PERTAMA SEKOLAH ONLINE

 

 

Assalamualaikum wr wb, saya Ivan Ahmadi Hadiputro dari kelas 8E absen 18 ingin menceritakan tentang pengalaman PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) saya dari hari pertama sehingga hari ini.


Terkait PJJ, Pemerintah Harus Pastikan Ini Halaman all ...

 











Tanggal 2 Maret 2020, merupakan hari Senin biasa bagi kebanyakan orang, sama hal nya seperti saya yang tetap sekolah seperti biasa di SMP Labschool Jakarta. Namun pada hari itu, 2 kasus pertama COVID-19 di Indonesia terdeteksi, pada awal nya masyarakat sangat takut dan terjadi panic buying, namun 6 bulan setelah dua kasus pertama kali di deteksi, masyarakat terlihat lebih tenang dan mengabaikan protokol Kesehatan, banyak yang bepergian keluar kota, banyak yang tidak pakai masker, dll.

 

 Pada tanggal 14 Maret 2020, tepat 12 hari sejak kasus COVID-19 pertama kali di deteksi di Indonesia, gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan memutuskan untuk menutup sekolah dan mengalihkannya menjadi sekolah online atau PJJ untuk mengamankan siswa. Pemerintah memutuskan penutupan sekolah berlangsung selama dua minggu, namun hingga saat ini sekolah belum kunjung dibuka karena keadaan yang belum kunjung membaik.

 

Pada Hari Senin, tanggal 16 Maret 2020, sekolah online benar-benar berlangsung. Pagi-pagi guru sudah menyiapkan absensi dan tugas di elabschool., lalu semua murid masuk ke zoom kelas masing-masing, hal tersebut pun terkendala akibat Batasan waktu aplikasi zoom yang hanya 40 menit, setelah bertatap muka sebentar, murid keluar dari zoom dan mulai mengerjakan tugas yang telah diberikan. Setelah mengerjakan tugas murid-murid pun bebas dan boleh beristirahat.


Zoom Video Conferencing and its Unending Privacy and Security ...

 














Pada awal mula PJJ berlangsung, tidak ada jadwal tetap, jadi hanya zoom ketika diumumkan dan biasanya akan dikasih tugas singkat. Pakaian yang digunakan pun bebas. Tidak seperti sekarang yang dikasih jaswal tetap untuk setiap hari diwajibkan menggunakan seragam yang sesuai dengan harinya. Pada saat itu pun guru-guru tidak selalu memberi materi, kebanyakan hanya memberi tugas di elabschool.net, elabscloud.xyz ataupun aplikasi Google Classroom. Bahkan tak sedikit guru yang tidak pernah sama sekali memberi materi.


Cara Membuat Kelas di Google Classroom, Belajar Online Jadi Lebih ...

 














Namun setelah 6 bulan belajar dari rumah, system pembelajaran jarak jauh sudah banyak yang diperbaiki, seperti peraturan seragam, absensi pagi, dan jadwal pelajaran. Dan sekolah pun memberikan waktu istirahat 5 menit setiap jam dan dikasih waktu istirahat untuk makan ringan ataupun sholat Dhuha yang jauh lebih panjang dari pada biasanya (45 menit dibandingkan 20 menit). Juga, mulai dari kelas 8 sekolah PJJ berakhir pada jam 12 siang dibandingkan biasanya yaitu sekitar setelah ashar.

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Akhir Bab 1 BTIK

Ceramah Umum dan digital labs